Mendaftarkan Anak ke PAUD di Victoria, Australia

 

Tak terasa sudah hampir setahun sejak pertama kali Ummi menjelajah internet untuk mencari informasi pendaftaran anak ke sekolah di Australia. Waktu itu usia Attar masih 4 tahun lebih sedikit, dan ketika dia tiba di Australia di semester 1 (Februari 2016), usianya sekitar 4,5 tahun. Berdasarkan penjenjangan dalam sistem pendidikan di Australia, usia segitu Attar masuk preschool/kindergarten alias selevel playgroup kalo di Indonesia, pokoknya yang sebelum level TK deh.

Petualangan  mencari preschool untuk Attar dimulai dengan browsing nama-nama preschool yang lokasinya dekat dengan tempat tinggal. Pemerintah Australia menerapkan semacam sistem rayon begitu deh untuk pemilihan lokasi sekolah bagi anak. Maksudnya, anak akan mendaftar di sekolah-sekolah yang lokasinya sesuai dengan domisili; ini terutama untuk sekolah negeri. Kualitas dan sistem pengajaran setiap sekolah di manapun lokasinya kurang lebih sama saja, nggak ada yang namanya sekolah unggulan or semacamnya. Jadi, orangtua dan anak nggak perlu menempuh jarak jauh hanya untuk datang ke “sekolah favorit”. Nah, waktu itu kami belum memiliki tempat tinggal yang pasti, alias belom dapat akomodasi. Jadi nggak jelas-jelas amat sebenernya alamat kami mau di mana, hehe, dan si Ummi modal nekat aja buat nyariin sekolah buat Attar. Satu hal yang saya tahu pasti, Ummi sama Attar akan tinggal di daerah/suburb yang namanya Clayton, pokoknya deket-deketlah sama kampus Monash Uni Clayton. Sebenarnya lagi, kampus Ummi adalah di Monash Uni (cabang) Caulfield, sekitar 9-10 km dari Clayton. Tapi Ummi memilih untuk tinggal di Clayton karena pemukimannya lebih nyaman, ramah keluarga, dan tentu saja lebih murah. Toh, dari Clayton ke Caulfield bisa ditempuh menggunakan bus kampus Monash gratisan.

Ah, kembali ke urusan sekolah anak ya, oke.

Jadi, dalam ketidakjelasan tempat tinggal itu, akhir Oktober 2015 Ummi mengunjungi situs penyedia informasi sekolah di Victoria yang dapat diklasifikasi berdasarkan lokasi/kode pos. Situs yang kemaren saya kunjungi adalah ini dan ini. Setelah mendapatkan beberapa nama sekolah yang berada di sekitar Monash Uni Clayton, saya coba menghubungi masing-masing sekolah melalui e-mail dan form kontak di website mereka. Beberapa sekolah cukup responsif membalas sekaligus menginformasikan ketersediaan tempat untuk siswa baru. Sekolah pilihan pertama Ummi, Clayton Kindergarten, saat itu udah penuh dan nggak bisa nerima anak baru. Pihak sekolah kemudian menyarankan saya untuk menghubungi pihak Monash City Council. Ini semacam pemerintah tingkat kecamatan gitu deh. Lagipula, berdasarkan informasi dari pihak Clayton Kindergarten, setiap aplikasi anak ke sekolah harus melalui City Council juga, jadi sekalian aja kontak council­-nya langsung. Ya udin, Ummi kirim e-mail deh ke Monash City Council, khususnya bagian pelayanan pendidikan usia dini. Mbak Rebecca Giles, yang rajin membalas e-mail Ummi, memberi dua pilihan sekolah yang masih punya tempat untuk siswa baru. Sebelum memutuskan, Ummi browsing lagi kedua nama sekolah tersebut. Setelah liat-liat foto di website dan akun Facebook-nya dan melihat suasana multikultural di sekolah, pilihan pun jatuh ke Dover Street Preschool Centre.

c360_2016-10-02-13-05-08-113

Suasana dalam Dover Street Preschool Centre waktu pertama kali Attar dan Ummi datang ke sana.

Sebenarnya, buat Mamah-Mamah yang mau berangkat ke Australia dan bingung gimana caranya mendaftarkan sekolah anak padahal kita masih di Indonesia, langsung aja hubungi council tempat Mamah akan berdomisili. Council akan merekomendasikan beberapa sekolah yang sesuai sama tempat tinggal dan kebutuhan kita. Sejauh ini, pengalaman saya berurusan sama kantor pemerintahan Australia masih oke-oke aja, mbalesnya nggak pake lama dan informasinya jelas (terutama mengenai langkah yang harus ditempuh dan dokumen yang harus disediakan). Informasi lengkap soal pendaftaran anak ke preschool/kindergarten di area Monash dan sekitarnya ada di sini nih.

Nah, setelah memilih sekolah, tahapan yang Ummi tempuh adalah sebagai berikut:

  1. Mengirim aplikasi lewat Monash City Council (biaya pendaftaran AUD12). Pihak council kemudian meneruskan informasi pendaftaran ke Dover Preschool.
  2. Dover Preschool mengirimkan letter of offer lewat e-mail, ini intinya surat penawaran untuk mendaftar secara resmi ke sekolah yang bersangkutan.
  3. Menerima penawaran di letter of offer serta melakukan pembayaran sebesar AUD30 untuk placement fee, alias tanda jadi biar anak beneran dapat spot di sekolah ini. Proses pendaftaran secara online berakhir di sini.
  4. Setelah tiba di Australia, pada hari pertama anak masuk sekolah, pihak sekolah akan memberikan application kit (yaitu beberapa form yang harus diisi dengan informasi detil anak dan orangtua). Di hari pertama ini juga orangtua wajib menyerahkan dokumen yaitu: akta kelahiran anak (ditranslasi ke dalam bahasa Inggris), paspor anak, dan immunisation record alias semacam surat keterangan berisi daftar imunisasi yang telah diberikan kepada anak.

Info ya Mah, immunisation record adalah syarat wajib masuk sekolah di Australia. Mamah bisa meminta surat ini di klinik/rumah sakit tempat Mamah melakukan imunisasi kepada anak secara rutin, dilengkapi tanda tangan dan stempel dokter spesialis anak atau bidan. Bikin sendiri juga bisa. Kalau Ummi kemarin bikin sendiri, template-nya nyontek temen yang udah duluan berangkat ke Australia, hehe. Suratnya diketik dan di-print sendiri, kemudian minta tanda tangan dan stempel bidan langganan Attar kalau imunisasi. Oya, suratnya dalam bahasa Inggris, ya.

Sebagai informasi, preschool di Australia menggunakan periodisasi kegiatan pengajaran berdasarkan term alias triwulan. Triwulan pertama adalah Januari-Maret, triwulan kedua adalah April-Juni, dan seterusnya. Kita bisa mendaftarkan anak ke preschool at anytime, ndak perlu nunggu tahun ajaran atau term baru, jadi cukup fleksibel mau masuk kapan aja sesuai tanggal kedatangan ke Australia. Biaya sekolah di Dover Preschool adalah AUD435/term untuk kelas usia 4 tahun dan AUD385/term untuk kelas usia 3 tahun. Di sekolah lain ada yang lebih murah dan lebih mahal, tapi tidak jauh-jauh dari angka itu.

Jadi demikianlah. Sekarang Attar sudah berusia 5 tahun. Per Februari 2017 nanti udah harus masuk primary school di kelas preparation (prep-class). Gimana tahapan pendaftarannya? Sabar ya, Ummi Attar sedang dalam proses nih, nanti kalau udah beres semuanya, pasti dibagi deh infonya🙂 Mamah punya pengalaman ngedaftarin anak ke sekolah di Australia juga? Boleh ya dbagi-bagi :D

Salam!

4 thoughts on “Mendaftarkan Anak ke PAUD di Victoria, Australia

  1. Hi mba. thanks sharingnya. Saya juga akan jadi single parent di monash uni clayton feb 2017 nanti dengan anak 4 tahun dan daftar di dover juga. haha. boleh minta email untuk sharing lebih lanjut? thanks

  2. Hi mbaa..saya juga insha allah masuk ke monash caulfield 2017 awal tahun 2017 ntar.. Saya akan membawa ketiga anak saya yang mana dua diantaranyaingin saya masukkan ke pre-school..

    saya boleh minta template immunisation recordnya gak mba? hehhee..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s