Telah Terbit! Buku “NewMom 911: Pertolongan Pertama Pada Mama Baru”!

Yaaassssss!!! Finally it’s heeeeereee! Muahahaha!

img_20161018_024423_1

Aduh maaf Umminya Attar ketawanya nggak behave :p Selain karena barusan aja merdeka udah ngelewatin badai tugas yang cukup ganas di semester ini, awal Oktober lalu buku Ummi berjudul “NewMom 911: Pertolongan Pertama Pada Mama Baru” sudah terbit, alhamdulillah. Buku ini adalah buku kedua yang murni Ummi susun sendiri. Selama hampir 10 tahun mengecer jasa tulis dan edit, beberapa buku sebenarnya sudah lahir dari tangan Ummi, cuman kebanyakan sebagai ghostwriter dan editor. Buku pertama Ummi berjudul “100 Resep Sehat Ibu Hamil, Masa Nifas, dan Menyusui“, terbit tahun 2012.

Di buku pertama, Ummi menuliskan resep-resep masakan sehat untuk ibu hamil dan pascakelahiran, dilengkapi beberapa informasi tentang nutrisi yang diperlukan. Sementara di buku kedua ini Ummi curhat tentang pengalaman merawat anak sejak lahir hingga usia dua tahun. Ummi harus mengakui bahwa yang nulis buku Newmom 911 ini sisi idealis dari seorang Ummi. Itu ditulis ketika Ummi masih newbie banget, segala macem dari urusan popok sampe makanan bayi harus ideal dan sempurna sesuai keinginan dan kendali Ummi, haha. Ummi belum banyak makan asam garam dunia per-ibu-an (ya sampe sekarang juga belum banyak sih, hehe). Tapi Ummi tidak akan menyesali menjalani dua tahun pertama dengan cara yang pernah Ummi lakukan dulu, idealisme Ummi alhamdulillah berbuah baik pada diri Attar dalam beberapa hal.

Terus, buku ini dulunya adalah proyek bersama antara Ummi dan seorang newmom penulis juga namanya Mom Devi Indriasari, bahkan ide untuk menulis tema ini datang dari beliau. Akan tetapiii, dalam prosesnya, Mama Devi diterjang kesibukan lain, termasuk mempersiapkan hijrah ke Brisbane untuk mendampingi suami melanjutkan kuliah. Jadilah Umminya Attar melanjutkan penulisan ini sendirian. Proses penulisannya memakan waktu dua tahun lebih dikit, dari tahun 2011 sampe 2013. Ummi sengaja karena bertekad menulis pengalaman merawat anak sesuai fasenya, sampai penyapihan (nggak sih, ini alesan doang. Sebenarnya sih karena mood Ummi nulis suka Senin-Kemis aja, mihihihi). Untuk memperkaya naskah (dan ngebantuin nambahin tulisan :p), Ummi dapat bantuan dari para kontributor yang baik banget, yaitu Dandanya Zee (Yeptirani Hasanah Syari), Bundanya Kinar (Gilang Desti Parahita), dan Bundanya Hayya (Diyah Hayu Rahmitasari). Mamah bisa simak juga cerita seru mereka merawat anak di masa dua tahun pertama dalam buku ini. Nah, selesai menuliskan naskahnya, Ummi sempet ragu mau kirim ke penerbit. Takut kurang baik, kurang berkualitas, ntar malu-maluin, dan sebagaiiiinya. Tapi karena kadar kepedean Ummi suka melebihi kadar malu, akhirnya cuek aja kirim ke penerbit. Hasilnya? Ditolak sana-sini hahahah *ketawagetir

Anyhow, setelah beberapa lama menyembuhkan luka hati karena ditolak (begini ya rasanya… dulu pas masih gawe jadi editor, kerjaan Ummi nolakin naskah, huhuhu), Ummi mencoba memperbaiki tulisan di beberapa sisi, menambahkan makna lebih dalam dari setiap pengalaman, lalu mengirimkannya kembali ke penerbit lain dengan cover letter yang lebih menjual. Eh, entah emang naskah Ummi jadi lebih bagus atau editornya sedang khilaf, naskah itu diterima sama Penerbit Andi Yogyakarta pada tahun 2015. Bulan Juli lalu Ummi menerima kontrak penerbitan, dan voila! Si naskah sudah lahir jadi buku dan hadir meramaikan belantara bacaan mamah-mamah masa kini. Terima kasih, Andi!

Oya, blog ini sesungguhnya dulu dibuat sebagai bentuk keputusasaan Ummi karena naskah ditolak melulu. Ummi pikir, tulisan sebanyak itu sayang banget kalau nggak dipublikasikan. Setidaknya masukin blog aja deh dulu. Beberapa artikel pertama di blog ini adalah versi asli tulisan di naskah buku, sebelum disunting. Jadi kalau Mamah membeli buku ini (beli ya Mah, hindari pinjem atau potokopi. Bantuin Ummi cari hepeng lah, ya kan xD hihihihi!) dan mendapati beberapa tulisan sudah tercantum dalam blog ini, udah tahu yah alasannya kenapa.

Pada intinya sih postingan kali ini cuman mau ngasih tau buku Ummi terbit dan minta tolong Mamah sekalian buat beli, hahaha. Sudah tersedia di Gramedia, juga dijual online oleh Penerbit AndiBukalapak, Tokopedia, sama Belbuk. Untuk saat ini baru dijual di Indonesia saja. Rencananya kalau Ayah Attar udah nyusul kuliah ke Victoria ini, Ummi akan titip beberapa eksemplar dibawa kemari buat Ummi jualan di sini, hehe.

Hmm.. kalau dipikir-pikir, ternyata dalam setiap fase besar di kehidupan Attar, Ummi berhasil membuat karya. Buku pertama disusun waktu Ummi hamil usia tujuh bulan. Buku kedua tentang perjalanan di dua tahun pertama. Sekarang Attar sudah lima tahun, kira-kira Ummi bisa bikin karya apa lagi ya? Ah, begitulah ya Mah, silakan dibeli (dibeli yaaa dibeli dibeliiii :D), selamat membaca dan menikmati menjadi ibu! Kalau sudah baca, jangan lupa kasih komennya di bawah, ya!

Kecup sayang :-*

Ummi Attar

P.S: Dalam waktu dekat Ummi mau bikin kompetisi terkait buku ini, dan pemenangnya tentu saja dapat hadiah menarik. Stay tune, ya Mah!🙂

2 thoughts on “Telah Terbit! Buku “NewMom 911: Pertolongan Pertama Pada Mama Baru”!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s