“I’m a big boy, Mi. Stop calling me ‘baby’!”

Sudah sebulan ini Attar masuk sekolah dasar. Usianya baru 5,5 tahun, tapi di Victoria anak usia 5 tahun sudah harus masuk primary school, di level Foundation alias kelas 0. Tahun depan ketika sudah masuk usia 6 tahun ke atas, barulah anak masuk ke kelas 1 alias Grade 1.

Perbedaan yang cukup mencolok terlihat pada Attar akhir-akhir ini. Dia tak hanya memandang dirinya sudah besar. “Sudah kakak SD,” katanya. Lebih dari itu, dia pun mulai bersikap mandiri sebagaimana anak besar. Dari dulu sih dia sudah suka songong bilang “Attar kan, sudah besar!” tapi kadang kalau disuruh melakukan apa-apa sendiri, dia masih suka ngeles: “Baru sedikit besarnya, Mi. Kadang-kadang Attar itu masih kecil jadi Ummi harus bantu Attar,” katanya 😀

Kalau sekarang tampaknya berbeda. Hampir dua minggu terakhir dia mau mandi sendiri tanpa dipaksa-paksa. Pakai handuk, memilih, dan memakai baju sendiri sudah tidak pakai drama. Tengah malam bangun dan pipis sendiri ke kamar mandi tanpa meminta Ummi menemani menyelesaikan hajatnya. Dua hari lalu tiba-tiba dia menawarkan diri mengepel lantai satu rumah. Kalau urusan membereskan mainan dan buku sendiri sih memang sudah dari dulu dia terbiasa.

Seiring Attar besar, dalam beberapa hal hidup Ummi terasa lebih mudah, terutama karena dia nggak suka banget diremehkan. Jadi Ummi juga suka banget memanfaatkan sifatnya yang ini :p Misalnya nih, pulang sekolah sore-sore Ummi bilang “habis ini pasti Attar nggak bisa ganti baju dan taro tasnya sendiri. Pasti harus Ummi lagi, Ummi lagi yang beresin semuanya.” sambil gaya pura-pura putus asa tapi sedikit menantang. Lalu, hampir bisa dipastikan sampai rumah Attar ganti baju sendiri dan semua bawaan dari sekolah ditaruh rapi ke tempatnya sementara Ummi bisa ngaso. Selain itu, secara naluriah anak-anak itu seneng banget melakukan hal yang berlawanan dengan apa yang kita bilang, kan. Jadi Ummi pun suka memanfaatkan itu. “Nanti sore nggak usah mandi sendiri, ya!” kata Ummi pura-pura mengeluarkan titah. “Kenapa?” nada protes langsung meluncur dari mulut Attar. “Ya karena biar Ummi bisa mandiin Attar, lah! Attar kan, masih kecil!” Hasilnya? Sore-sore dia sudah mandi rapi jali sementara Ummi masih keleleran abis tidur siang.

Kalau dipikir-pikir, meski tampak licik begitu (ya memang licik sih, hahaha), sebenarnya Ummi sedang membantu Attar menjadi “anak besar”, lho. Ummi biarkan dia melakukan segala hal sendiri tanpa banyak mengulurkan tangan. Di sisi lain, Attar mendapatkan kepuasan tersendiri bisa melakukan semuanya tanpa bantuan Ummi. Apalagi biasanya setelah itu dia dapat pujian dari Ummi yang “kaget”: “ya ampuuun, sudah mandi? Kok Attar pinter banget sih, bisa mandi dan pakai baju sendiri?” lalu matanya berbinar dan hidungnya kembang-kempis, hihihi.

Menyaksikan anak tumbuh besar dan mandiri itu rasanya campur-campur. Kadang tak percaya kok bisa sih cepat sekali mereka besar, kadang juga tak rela karena mereka sudah tak mau digemes-gemesin lagi. Memang, waktu rempongnya orangtua itu nggak lama-lama. Seringkali saat anak lagi rewel sementara saya suntuk dan capek, saya suka bergumam “kapan sih ni anak gedenya, biar apa-apa nggak usah tergantung sama emak-bapaknya lagi?” Lha ini, tahu-tahu sekejap mata anak udah gede dan beneran mulai melepaskan diri dari emak-bapaknya. Yang jelas sih saya berharap semoga saya sudah cukup baik mendidik dan mengasuhnya sampai seusia ini, dan semoga apa yang saya ajarkan bisa menjadi bekal kebaikan bagi dirinya.

Attar sudah tak mau lagi dipanggil “baby” – meski sudah saya jelaskan bahwa panggilan “baby” itu bisa juga berarti “sayang”, bukan cuman “bayi”. “Just … don’t call me baby at school,” katanya keukeuh. Saya tersenyum saja. Kamu nggak tahu, sampai kapanpun kamu akan tetap jadi bayi kecil-nya Ummi, Nak. Jadi terima saja nasibmu kalau sudah gede pun kamu bakal Ummi uyel-uyel, hahaha!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s